TERBARU

Situs ini tak lagi apdate. Kunjungi situs kami lainnya
SUARAPUBLIC.COM

|

Perolehan Suara Teras-Amur Bersaing

SUARAPUBLIC - Perolehan suara pasangan Teras-Diran dan Amur-Baharudin terus menunjukan persaingan. Perhitungan di realis sejumlah anggota DPRD Kalteng, pasangan Abah (Amur-Bahar) menang tipis dari pasangan incumbent.

Rinci data perhitungan anggota DPRD Kalteng yakni Abah 39,39%, pasangan Teras-Diran 35,..%, AyuDik 24,...% dan Yubas 4,...%. "Data baru kami terima pukul 11 tadi," ucap Supian Marsa, salah satu pendukung Amur-Bahar di Barut, Minggu (6/6/2010) siang ini.

Penambahan data tersebut kian menguatkan posisi pasangan Amur-Bahar dari 41% menjadi 48,55% atau memperoleh dukungan suara sebanyak 789.468 pemilih. Sedangkan perolehan suara pesaingnya yakni Teras-Diran mendapatkan dukungan 311.147 suara atau 39,41% pemilih.

AyuDik yang diusung partai besar Golkar dan Demokrat masih mengekor diurut tiga dengan perolehan 131.342 suara atau 16,64% pemilih. AyuDik di empat kabupaten DAS Barito masih kalah perolehan suara dengan pasangan Amur-Baharudin. Sementara Yubas memperoleh 3,36% dukungan atau memperoleh suara sebanyak 26.563 pemilih.

Jumlah pemilih di Kalteng sebanyak 1.626.067 pemilih. Namun yang memberikan hak pilihnya pada Pilkada Kalteng 5 Juni kemaren hanya 1.258.520 pemilih. Hingga siang Minggu, data belum masuk dalam penghitungan sekretariat Amur Center tinggal 367.547 suara atau pemilih.

Sebagaimana diketahui, hasil akhir penghitungan cepat Citra Publik Indonesia (CPI) --anak perusahaan LSI-- menunjukan pasangan Teras-Diran unggul perolehan suara Pilkada Kalteng 2010. Namun kemenangan pasangan incombent itu dianggap sejumlah kalangan belum mutlak karena bukan berdasarkan hasil perhitungan dan diumumkan lembaga resmi, KPU Kalteng.

"Kami sangat menyayangkan hasil perhitungan sementara lembaga tidak resmi dijadikan seolah-olah pasangan incumbent memang Pilkada Kalteng 2010. Harus diingat lembaga resmi belum mengumumkan hasil, jadi tolong publikasi jangan seolah-olah perhitungan sudah final," kata Supian Marsa, pendukung pasangan Amur-Bahar di Barut, Minggu (6/6/2010).

"Kami memilih menunggu hasil penghitungan dan diumumkan KPU Kalteng. Hasil penghitungan cepat kami berdasarkan hasil rekap para saksi dan hasil konfirmasi data daru Polres se Kalteng justru perolehan suara Amur-Bahar unggul," timpalnya.

Direalise Supian Marsa, posisi berdasarkan rangking perolehan suara Minggu pagi yakni Amur-Bahar (Abah) 48,55%, Pasangan Teras-Diran 39,41%, AyuDik 16,64% dan pasangan Yubas 3,23%. Suara belum masuk bahkan tinggal 20%, termasuk suara mutlah Amur di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Hasil penghitungan sementara yang media ini lakukan juga menunjukan perolehan Amur-Bahar unggul. Rincinya Abah (Amur-Bahar) 42%, Teras-Diran 38%, AyuDik 16% dan Yubas 4%. Penghitungan berdasarkan pencocokan laporan sejumlah saksi empat pasang calon di beberapa daerah se Kalteng.

"Lembaga survey sekarang banyak yang tidak independen. Contoh: survey golkar, survey CPI, dan LSI metro tv kemaren. Itu hanya untuk pencitraan bhw tedi menang padahal fakta di lapangan sebaliknya. Memang untuk AyuDik dan Yubas angka quick count hmpr pasti," ucap seorang pendukung Amur-Bahar lainnya.

Sementara Koordinator Koalisi 22 Parpol Nonparlemen yang mengusung Yuandrias-H Basuki, Sugi Santosa, mengatakan pihak belum bisa percaya hasil quick count tersebut, karena bukan diumumkan oleh lembaga resmi. "Kita tunggu hasil KPU," sebutnya.

Sedang Tim Kampanye AyuDik, Abdul Razak mengatakan meski hasil akhir tetap sama dengan hasil penghitungan cepat itu tapi pihaknya tetap harus menunggu keputusan KPU. "Kami siap menerima jika memang kalah. Ada faktor lain yang memengaruhi, salah satunya kurangnya sosialisasi pasangan kami," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, hasil Quick Count atau perhitungan cepat sementara Pemilukada Kalteng yang dilakukan CPI, Teras Diran 41,06%, disusul pasangan Amur-Bahar 38,53%, pasangan Yu-Dik 17,% dan Yu-Bas 2,94%. Hasil quick count ini masih terus berubah mengingat data yang masuk baru 50% suara sampel.

Chief Exeutive Officer PolMark Indonesia, Eep Saefulloh Fatah --konsultan politik Teras-Diran-- mengatakan dirinya sudah menduga jagonya bakal menang. "Teras-Diran tidak terjebak melayani isu-isu yang tidak semestinya muncul dalam sebuah demokrasi. Ini bukti masyarakat sudah cerdas," kata Eep.

Hal itu juga diakui Direktur Eksekutif LSI, Denny JA dan Direktur Eksekutif CPI, Hendrasmo. Menurut mereka, kedewasaan berpolitik warga Kalteng, cukup bagus. Meskipun Teras berasal dari agama minoritas, tetapi mendapat dukungan dari warga Kalteng yang 70 persen lebih beragama Islam. Isu kesukuan pun tidak berpengaruh di Kalteng.

"Ini menjadi pelajaran yang baik bagi pemilukada lain," kata Denny. "Selisih perolehan suara antara urut satu dan dua sangat tipis sekali, sehingga sangat rawan terjadi gugatan hukum," timpal Hendrasmo.

Sementara itu, di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 47 Kecamatan Jekan Raya, yang menjadi tempat pasangan Teras Narang dan keluarga mencoblos, hasil perolehan suara dimenangi oleh Teras Narang dan Achmad Diran dengan 198 suara. Selanjutnya ada Achmad Amur-Baharudin H Lisa 42 suara, Achmad Yuliansyah-Didik Salmijardi 20 suara, dan Yuandrias-Basuki satu suara.

Di TPS 3 Kelurahan Menteng, tempat Achmad Diran dan keluarga mencoblos, hasil perolehan suara juga dimenangi pasangan pejabat tersebut. Pasangan Teras Narang-Achmad Diran memperoleh 87 suara, Achmad Amur-Baharudin H Lisa 27 suara, Achmad Yuliansyah-Didik Salmijardi 6 suara, Yuandrias-Basuki 4 suara.

Sedangkan diwilayah Barut secara keseluruhan masih dipegang pasagan AyuDik dengan perolehan 22.835 suara, Teras Diran 17.210 suara, Amur-Bahar 9.178 suara dan Yubas 632 suara. Penghitungan diperoleh di sekretariat Teras Center di Muara Teweh.





Berita lainya:
----------------

Fokus Kalteng:
----------------









------------------------------------------------------------------------------------------------

Editor by Mardedi on 6/06/2010 01:57:00 PM. Melalui feed . Anda dapat mengikuti respon untuk entri ini melalui RSS 2.0. Jangan ragu untuk meninggalkan tanggapan.

0 komentar for "Perolehan Suara Teras-Amur Bersaing"

Berikan Tanggapan

Index Arsip

Lihat Komentar

Posting Terbaru