TERBARU

Situs ini tak lagi apdate. Kunjungi situs kami lainnya
SUARAPUBLIC.COM

|

Amur-Bahar Menang Telak

Suasana di TPS 7 tampak sepi saat proses pemungutan ulang. (Poto : SUARAPUBLIC)
SUARAPUBLIC - Pasangan calon Gubernur Kalimantan Tengah H Achmad Amur-H Baharudin Lisa menang telak di TPS 7 Kelurahan Lanjar, Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara. Di TPS tersebut terpaksa dilakukan pemungutan ulang, karena pada hari pencoblosan 5 Juni, terindikasi terjadi kecurangan dilakukan kelompok masyarakat.

TPS yang memiliki DPT 578 pemilih itu, pasangan Amur-Bahar meraup sebanyak 208 suara. Disusul pasangan Teras-Diran 25 suara, AyuDik 9 suara dan Yubas nol suara. Jumlah masyarakat memberikan hak pilihnya tak sampai 50% atau sebanyak 242, termasuk suara tidak sah sebanyak satu kertas suara.

Hasil ini sangat menarik dicermati. Pasalnya, pada pemungutan sebelumnya di TPS tersebut suara AyuDik begitu mendominasi. Diantaranya AyuDik 143 suara, disusul Amur-Bahar 61 suara, Teras-Diran 27 suara dan Yubas 4 suara.

Jumlah masyarakat memberikan hak pilihnya sebanyak 235, atau kurang 7 pemilih dari yang hari ini, Rabu (9/6/2010).

Rinci perbandingannya, sebanyak 147 penambahan suara untuk pasangan Amur-Bahar, sebanyak 2 suara pengurangan untuk pasangan Teras-Diran, sebanyak 134 suara pengurangan untuk pasangan AyuDik dan empat suara pengurangan untuk pasangan Yubas.

"Jelas terlihar hasilnya bila terjadi duel antara pasangan Amur-Bahar dan Teras-Diran. Kami sangat berterima kasih sekali atas kedewasaan berpolitik masyarakat disini. Mereka bisa berpikir jernih bila dihadapkan pada pilihan yang nyata.

Kami tahu disini basis AyuDik, tapi hari ini mereka memberikan yang terbaik buat pasangan Amur-Bahar," ucap Tajri, tim sukses Amur-Bahar di Muara Teweh, sesaat usai penghitungan suara, Rabu siang.

Sebaliknya, tim sukses Teras-Diran tampak agak kecewa dengan hasil tersebut. Terlebih kekecewaan mereka terjadinya pengulangan pemungutan suara di TPS tersebut padahal masing-masing saksi sudah menandatangani hasil penghitungan sebelumnya.

"Panwas harus bertanggungjawab bisa terjadi apa-apa dengan masalah ini. Karena Panwas kecamatan yang ngotot pemungutan ulang padahal tak ada masalah," ucap Etho, tim sukses Teras-Diran di Muara Teweh.

Selain terjadi hasil mengejutkan, pelaksanaan pemungutan ulang Pilkada Kalteng 2010 di TPS 7 Muara Teweh ini cukup menyedot perhatian masyarakat. Tak hanya diadakannya acara hiburan dangdut selama proses pencoblosan berlangsung, lebih dari itu merupakan satu-satunya terjadi di Kalteng.

Tak heran, tak hanya masyarakat yang berbondong menyaksikan proses pemungutan, tapi sejumlah pejabat Pemkab Barut juga tampak hadir. Namun sayang, warga setempat yang memberikan hak pilihnya tak lebih dari separoh, meski tetap membantu penambahan perolehan suara buat pasangan Amur-Bahar.

"Kemaren selisih kemenangan Amur-Bahar dari pasangan Teras-Diran sekitar 300 suara. Ditambah dengan hari ini semakin besar menjadi 500 an suara. Kami optimis pasangan Amur-Bahar bakal memenangi Pilkada Kalteng," ucap Bahana Edwin, dedengkot tim sukses Amur-Bahar di Muara Teweh.

Sementara itu, Susilo, seorang tim sukses Amur-Baharudin, dikontak via ponsel mengaku sangat berterima kasih sekali kepada masyarakat setempat yang lebih memilih kandidat mereka. Dia juga melakukan klarifikasi hasil perolehan suara versi Amur center.

"Bila ada penghitungan lain itu tidak benar. Yang benar adalah yang seleisih 0,03% itu, dimana Amur-Bahar unggul dengan perolehan 40,65% dan Teras-Diran 40,62%," ucapnya, sembari mengaku saat itu sedang berada di Kabupaten Pulang Pisau.

Sekadar diketahui, di TPS 7, Kelurahan Lanjar Muara Teweh, Barut, terjadi pengulangan dikarenakan adanya laporan Panwaslu bila ada sekelompok masyarakat melakukan pencoblosan padahal namanya tak terdaftar dalam DPT. Oleh KPU Barut, laporan ditindaklanjuti dengan melakukan pemungutan ulang di TPS.



Berita lainya:
---------------


Fokus Kalteng:
---------------













------------------------------------------------------------------------------------------------

Editor by Mardedi on 6/09/2010 08:10:00 PM. Melalui feed . Anda dapat mengikuti respon untuk entri ini melalui RSS 2.0. Jangan ragu untuk meninggalkan tanggapan.

0 komentar for "Amur-Bahar Menang Telak"

Berikan Tanggapan

Index Arsip

Lihat Komentar

Posting Terbaru